Setelah Lulus SMA Lanjut Kemana? (Kumpulan Pengalaman Seleksi dan Tes Tulis 2016)

Hallo...
Pada kesempatan ini aku ingin berbagi cerita mengenai pengalaman aku di tahun kemarin [2016] khususnya ketika aku bingung bakal ngapain setelah aku lulus SMA (?)
Setahun lalu, ketika aku masih kelas 12 SMA aku masih labil bakal lanjut kemana ketika lulus nanti, pengen kuliah, pengen kerja dan untungnya ga pengen nikah yaa.
Waktu itu banyak banget sosialisasi yang datang ke sekolah menawarkan berbagai macam opsi ketika lulus nanti, sosisalisasi dari semacam Balai Latihan Kerja, sosialisasi dari beberapa Universitas dan bahkan ada sosialisasi dari sekolah kedinasan seperti IPDN dan POLRI.
Aku telah mengikuti beberapa tahap seleksi yang dijembatani oleh pihak Sekolah, seperti: SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Beasiswa BIDIKMISI,  PMDK-Politeknik (Penulusuran Minat dan Bakat Politeknik) dan SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). FYI nih yaa, seleksi yang dijembatani sekolah hanya bisa diakses bagi kalian yang masih SMA/SMK. Jadi buat alumi gak bisa ikut seleksi ini.
Dan seleksi yang aku ikuti secara pribadi/mandiri, seperti: USM PKN-STAN (Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), SBMPTN (Seleki Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) dan yang terakhir UM-PTKIN (Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri).

Alur seleksi yang aku ikuti yakni:

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Sekitar pertengahan bulan Maret 2016 Seleksi SNMPTN ini dibuka, pihak dari PTN akan menghubungi pihak sekolah karena keduanya bersinergi dalam proses penerimaan melalui SNMPTN ini. Sayangnya pada tahun aku (2016) ini idak semua siswa berkesempatan ikut SNMPTN, hanya 75% dari keseluruhan siswa yang dapat mengikuti SNMPTN apabila sekolah itu ber-Akreditasi A; 50% bagi sekolah ber-Akreditasi B; dan 25% bagi sekolah ber-Akreditasi C. So, Akreditasi sekolah itu penting ya guys.
Then, bagi siswa yang berkesempatan ikut SNMPTN mereka akan mendapatkan semacam ID dan Pin dari pihak sekolah, setiap siswa bisa langsusng mengakses atau Log In ke laman web SNMPTN www.snmptn.ac.id dan mengisi kelengkapan data. Seperti biodata diri dan orang tua, nilai raport dan pilihan Pergruan Tinggi Negeri yang aan dituju.
Menurut info yang aku dapat nih, nilai raport itu menunjang bagi peluang kita lolos dalam SNMPTN. Jadi kalau bisa grafik nilai raport kalian itu naik ya, dari Semester 1-Semester 5. Dan yang gak kalah penting pilihan PTN yang kalian tuju, kalian harus bisa membaca kondisi dan peluang, apakah sekiranya kalian bisa diterima dalam SNMPTN ini? Karena penilaian Seleksi ini bersifat Subjektif, yakni pihak Universitas yang menilai apakah kamu pantas diterima atau tidak :')
Deadline pengisian hingga klik 'Final' dalam SNMPTN pada waktu aku yakni di awal bulan April, kurang lebih seminggu sebelum UNAS. Jadi kalian punya cukup waktu buat berfikir juga mempertimbangkan pilihan kalian sebelum klik Final. Tapi pesan aku ya di awal dan di akhir deadline seleksi biasanya web tersebut akan hang, atau lemot. maklum banyak yang mengakses.

Nah itu kartu tanda peserta SNMPTN ku wkwk. Pilihan aku itu
  • Hubungan Internasional; Universitas Brawijaya
  • Ilmu Administrasi Publik; Universitas Brawijaya
  • Hubungan Internasional ; Universitas Jember
Pengumuman kelolosan seleksi SNMPTN ini pada 10 Mei 2016, honestly aku gak lolos. Sedih banget wkwk, tapi aku berusaha agar tidak pantang menyerah. Oh iya, aku mendaftar SNMPTN ini sebagai siswa Bidikmisi nanti aku bahas di segmen selanjutnya.

2. Beasiswa BIDIKMISI
Kalo yang ini bukan seleksi penerimaan ke instansi manapun yaa, tapi ini adalah alternatif kalau kamu berkeinginan untuk kuliah tapi mengalami kendala Finansial. Mengikuti seleksi beasiswa bidikmisi adalah salah satu solusinya.
Sistem untuk mengikutnya ada dua cara, yakni didaftarkan oleh pihak sekolah atau mendaftar secara pribadi di bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian kamu akan mendapat semacam KAP dan Pin untuk Login kelaman web dan melengkapi berkas-berkas persyaratan. Seperti: data diri dan orang tua, kondisi ekonomi, foto tempat tinggal, transkrip nilai dan bukti prestasi, surat keterangan tidak mampu dan rencana hidup saat kuliah. (Kalau aku didaftarkan pihak sekolah, jadi aku tidak tahu sistem pengajuan secara pribadi)
Bidikmisi dapat dilanjutkan untuk mendaftar SBMPTN, PMDK-Politeknik dan beberapa Ujian Tulis Universitas secara internal (Mandiri).
Itu Kartu Peserta Bidikmisi ku.
For Your Information, kalau kita mendaftar ke PTN secara Bidikmisi dan dinyatakan lolos seleksi, Itu bukan berarti Status kemahasiswaan kita langsung Bidikmisi, karena pihak Universitas dimana kamu diterima masih menyeleksi kembali pengajuan beasiswa Bidikmisi tersebut. Dengan cara di survei, jadi jangan sampai data yang kamu input itu bohong ya. Kalau ketahuan bohong siap-siap aja dicoret jadi daftar mahasiswa penerima Bidikmisi. Dan status kamu menjadi mahasiswa reguler di Universitas tersebut.

3. SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)
Seleksi ini pun bersinergi antara Sekolah dengan Pihak Perguruan Tinggi yang mengadakan seleksi. Kalau di sekolah aku guru BK-nya memberi informasi bahwa diadakan seleksi SPAN-PTKIN ini, bagi yang berminat dapat mendaftarkan namanya agar mendapat ID dan Pin yang nanti digunakan dalam proses seleksi.
Kemudian Log In menggunakan ID dan Pin yang kamu dapat, mengisi data diri, nilai raport dan pilihan jurusan serta PTKIN yang kamu tuju.
Pilihan aku pada seleksi SPAN-PTKIN ini adalah:
  1.  UIN Sunan Ampel Surabaya-- Ekonomi Syariah
  2.  UIN Sunan Ampel Surabaya-- Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
  3.  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang-- Perbankan Syariah [S1]
  4.  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang-- Hukum Bisnis Syariah
Pengumuman hasil seleksi SPAN-PTKIN ini pada 23 Mei 2016, aku tidak lolos lagi wkwk. Bukan rezki atuh.

4. PMDK-Politeknik (Penelusuran Minat dan Bakat Politeknik)
Pelaksanaan PMDK ini tidak berselang lama setelah SNMPTN. Sama seperti proses SNMPTN dan SPAN-PTKIN, proses seleksi ini dijembatani oleh pihak sekolah yang akan mendaftarkan nama kalian. Setelah itu kalian akan mendapat KAP dan Pin untuk Log In. Namun PMDK-Politeknik ini dapat diikuti apabila kalian memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik, itu info yang aku dapat dari guru BK ku waktu SMA.
Karena nanti setelah Log In, kalian akan diminta untuk mengisi data diri, nilai raport, soft file bukti prestasi yang kalian miliki dan pilihan jurusan serta politeknik yang akan kalian tuju.. Tenggat waktu pengisian data untuk PMDK ini lebih lama, karena setelah kalian klik 'Selesai' pada saat proses pengisian dan dianggap Final. Kalian diminta mengirim print out pendaftaran, fotocopy raport dan bukti prestasi yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah serta Kartu Peserta Bidikmisi jika kalian mengikuti seleksi PMDK dengan Beasiswa Bidimisi. Hal ini dilakukan untuk membuktikan keabsahan data yang kalian input dengan kondisi aslinya. Setelah lengkap berkas tersebut dikirim melalui pos ke alamat Politeknik pilihan pertama kamu.
(1)

(2)
Pilihan yang aku input adalah:
  • D4 Akuntansi Manajemen; Politeknik Negeri Malang
  • D4 Manajemen Pemasaran; Politeknik Negeri Malang
  • D4 Manajemen Bisnis Terapan; Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Pengumuman PMDK-Politeknik ini pada 30 Mei 2016, dan bisa kalian tebak aku gak lolos lagi.

5. USM PKN-STAN (Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
Pembukaan pendaftaran USM-PKN STAN 2016 pada pertengahan bulan April, sesudah UNAS SMA/SMK. PKN-STAN merupakan instansi ikatan dinas, jadi biaya pendidikan yang ditempuh dibiayai oleh pemerintah.
Pendaftaran USM PKN-STAN, bersamaan dengan ikatan dinas yang lain. Kurang lebih berjumlah 7 ikatan dinas, seperti: IPDN; AIM dan POLTEKIP; STIS; STMKG; STTD; dan yang terakhir STSN. Bagi yang berminat ikatan dinas, diminta memilih salah satu dari ikatan dinas yang hendak dipilih.
Aku secara pribadi memilih PKN-STAN, karena aku tidak begitu kuat fisik apabila mendaftar ikatan dinas lainnya yang cenderung semi-militer.
Setelah nama kita tercantum, kita diminta untuk biaya membayar biaya administrasi sebesar Rp. 250.000, yang dapat dibayar di Bank Mandiri. Kemudian Log In lalu mengisi data diri,nilai raport, region tes dan prodi yang dipilih.
Disediakan prodi untuk Diploma 1 dan Diploma 3, yang berjumlah total 9 prodi untuk pelamar Pria dan 8 Prodi untuk pelamar Wanita (minus Bea Cukai). Setelah melengkapi data dan persyarata, dapat langsung di cetak print out untuk dibawa saat registrasi ulang.
Sayang, Cetak Kartu Peserta tidak dapat disimpan dalam bentuk PDF sedangkan print out milikku hilang ;( sorry.
Region Tes terdapat di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. Waktu itu aku memilih region Surabaya. Daftar ulang untuk pengecekan nilai raport dan bukti pembayaran dilaksanakan di Gedung Keuangan Surabaya, sedangkan pelaksanaan Tes Tulis di UIN Sunan Ampel Surabaya Pada 15 Mei 2016. Pada tes tulis ini yang diujikan adalah TPA (Tes Potensi Akademik), Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Pengumuman Tes Gelombang I (Tes Tulis) ini pada 25 Mei 2016, and then aku gak lolos (again). Sedih :( Bagi kalian yang ingin mencoba USM PKN-STAN dan lolos Tes Tulis ini masih babak pertama, karena masih ada dua tes lagi. Yakni tes fisik dan wawancara. Setelah melewati beberapa tahap saringan itu dan lolos berarti kalian secara final dinyatakan diterima menjadi mahasiswa PKN-STAN.

6. UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri)
Nah, kalo ini Ujian Tulis buat masuk ke Politeknik Negeri, tapi sistem tes nya internal yaa, jadi pelaksanaannya itu tidak serempak. Tergantung kebijakan dari masing-masing politeknik tersebut. Kalau aku memilih ujian masuk di Politeknik Negeri Malang, alamat web nya admisi.polinema.ac.id.
Sistem pendaftarannya kalian buka website dari Politeknik yang kalian tuju, lalu kalian isi biodata kemudian mendapat kode nomor yang digunakan untuk membayar biaya tes. Pembayarannya dilakukan di Bank BNI sebesar Rp. 150.000. Selanjutnya dari teller bank kalian mendapat KAP dan Pin untuk Log In, mengisi data diri dan pilihan jurusan yang kalian pilih.

Pelaksanaan tes UMPN pada 11 Juni 2016, waktu itu pas Puasa di Bulan Ramadhan. Terbagi menjadi 2 kloter tes, Jam pagi bagi Jurusan Saintek dan Jam siang bagi jurusan Soshum. Karena aku juruan IPS otomatis aku memilih Soshum, jam tes nya pada pukul 13.00-15.30 WIB. Yang diujikan pada tes tulis yakn TPA (Tes Potensi Akademik) dan Ekonomi/Akuntansi bagi yang Soshum.
Pilihan jurusan yang aku pilih:
  1. D4 Akuntansi Manajemen
  2. D4 Keuangan
  3. D3 Akuntansi
  4. D3 Administrasi Bisnis
  5. Administrasi Bisnis-- Politeknik Negeri Semarang
Pengumuman hasil tes pada 21 Juni 2016. Dan lagi-lagi aku gagal lolos di tes kali ini :( mungkin memang bukan jalannya kali yaa.

7. UM-PTKIN (Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)
Ujian tulis ini khusus diadakan bagi Perguruan Tinggi yang berbasis keagamaan, yakni UIN/IAIN/PTAIN. Bagi kalian yang lulusan dari Madrasah Aliyah atau dari Pondok Pesantren, tes ini cocok banget. Karena Mata Pelajaran yang diujikan tidak hanya mata pelajaran umum, namun juga mata pelajaran keagamaan.
Bagi kalian yang berminat mengikuti tes UM-PKIN, cara sama persis seperti UMPN diatas. Sistem pendaftarannya kalian buka website www.um-ptkin.ac.id, lalu kalian isi biodata kemudian mendapat kode nomor yang digunakan untuk membayar biaya tes. Pembayarannya dilakukan di Bank BNI sebesar Rp. 150.000. Selanjutnya dari teller bank kalian mendapat KAP dan Pin untuk Log In, mengisi data diri, panlok ujian dan pilihan jurusan yang kalian pilih.

Pelaksanaan tes UM-PTKIN selama 2 hari, karena mata pelajaran yang diujikan cukup banyak, dilaksanakan pada 14-15 Juni 2016. Pada hari pertama 14 Juni 2016 terdapat tiga sesi ujian: sesi Pertama adalah TPA (Tes Potensi Akademik), sesi Kedua adalah Kebahasaan (Bhs.Indonesia, Bhs.Inggris & Bhs.Arab) dan sesi ketiga adalah SOSHUM atau SAINTEK.
Lalu pada hari kedua 15 Juni 2016 dalah ujian Keagamaan meliputi Quran Hadis, Fiqih, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Panlok ujianku ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Plihan PTKIN ku adalah:
  • Ekonomi Syariah; UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Bimbingan dan Konseling Islam ; UIN Sunan Ampel Surabaya
Penguman hasil tes pada 18 Juli 2016. Dan... aku gagal lagi untuk kesekian kalinya.

8. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Setelah aku dinyatakan tidak diterima dalam SNMPTN aku berusaha move on nih, masih banyak jalur lain yang bisa kamu ikuti. Never Give Up.
Pembukaan pendaftaran tanggal 15-28 Mei 2016. Bagi kalian yang akan mendaftar SBMPTN dengan bidikmisi dapat Log In di laman Bidikmisi kalian, nanti pilih jalur seleksi SBMPTN. Lalu kalian akan dapat KAP dan PIN yang bisa digunakan untuk akses Log In di www.sbmptn.ac.id. Kalo kalian yang mendaftar reguler, silahkan klik laman tersebut, isi biodata lalu kalian mendapat semam nomor yang digunakan untuk kode pembayaran di bank. Pembayaran hanya dapat dilakukan di Bank Mandiri, sebesar Rp. 200.000. Setelah itu kalian juga akan KAP dan Pin untuk Log In.
Silahkan mengisi data diri, orang tua, panlok tempat ujian tulis dan pilihan jurusan serta PTN.
Oh iya kalau aku pribadi, daftar SBMPTN ini dengnan beasiswa Bidikmisi. Jadi gak pake bayar biaya registrasi, langsung mendapat KAP dan Pin.
Nah, itu Kartu Peserta SBMPTN ku. Pelaksanaan tes tulisnya tanggal 31 Mei 2016, bersamaan dengan registrasi bagi calon maba yang diterima pada seleksi SNMPTN. Aku memilih panlok ujian tulis di Malang, tempatnya di Universitas Malang. (Kenapa? Paling deket dari rumah *siapayangnanya?*)
Peaksanaan tes dalam dua tahap. Jam Pertama adalah TPA (Tes Potensi Akademik) lalu istirahat dan dilanjut Jam Kedua yakni SOSHUM (Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi) atau SAINTEK (Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika)
Pilihan PTN aku adalah:
  1. Ilmu Hukum; Universitas Jember
  2. Ekonomi Pembangunan; Universitas Jember
  3. Ilmu Hukum; UPN "Veteran" Jawa Timur
Pengumuman hasil tes SBMPTN pada 28 Juni 2016. Alhamdulillah, dari sekian ujian tes dan seleksi yang aku ikuti akhirnya aku lolos.
Sorry, Aku kasih Screen Capture wkwk
Disitu kan tertera keputusan diterima atau tidaknya beasiswa Bidikmisi, dapat ditentukan oleh pihak Universitas. Setelah melewati berbagai macam pertimbangan dan survei di lapangan, yang memakan waktu gak sedikit, baru dapat ditentukan apakah mahasiswa tersebut layak menerima beasiswa Bidikmisi atau tidak. Kenapa aku bilang memakan waktu gak sedikit, karena pihak Universitas langsung mensurvei tempat tinggal kalian, mungkin gak semuanya, hanya beberapa yang dikunjungi sebagai bahan penilaian. Hal ini dilakukan agar penerimaan beasiswa Bidikmisi itu tepat sasaran.
Kalau di Universitas Jember keputusan diterimanya beasiswa Bidikmisi untuk Mahasiswa/i tahun angkatan 2016 diumumkan pada pertengahan Bulan Oktober 2016.
Ini Tanda Bukti Pendaftaran di Universitas Jember
Alhamdulillah banget, akhirnya aku dapat lolos seleksi dari sekian seleksi dan tes tulis yang aku ikuti. Aku dapat kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Jadi buat kalian yang di awal mengalami kegagalan dan penolakan, jangan pantang menyerah, masih banyak jalan. Bahkan ketika segala daya upaya yang kamu yang kamu lakukan belum membuahkan hasil, aku yakin Tuhan masih menyimpan rencana yang indah untuk kalian. Keep Spirit ^^

Oke, sekian dulu pengalaman pribadi yang dapat aku bagi ke kalian. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, jika aku bisa menjawab, insyaallah aku balas komentar kalian.

THANK YOU :)

Komentar

Postingan Populer